Rabu, 20 Januari 2010

Proposal TA

A. JUDUL: SISTEM ARSITEKTUR RUMAH BALI BERDASARKAN ASTA KOSALA-KOSALI

B. Latar belakang
                Pada saat ini teknologi telah mengalami kemajuan yang pesat sejalan dengan kemajuan kebudayaan masyarakat itu sendiri. Salah satu perkembangan yang tampak yaitu keberadaan arsitektur perumahan khas Bali yang mulai mendapat pengaruh dari arsitektur luar. Dilain pihak, keberadaan rumah berarsitektur Bali semakin hari semakin menurun. Hal ini terutama disebabkan pemahaman masyarakat tentang pedoman pembuatan rumah khas Bali yang didasarkan pada arsitektur rumah Bali yang bersumber pada konsepsi asta kosala-kosali dan asta bumi juga masih kurang. 
                Asta kosala-kosali merupakan pedoman pembuatan rumah dan arsitektur khas Bali yang berdasarkan Tri Hita Karana. Namun keberadaan materi tentang asta kosala-kosali dalam masyarakat masih jarang dan sebagian besar masih mengunakan bahasa kawi atau bahasa Bali utama sehingga menyulitkan masyarakat untuk memahaminya. Dengan keberadaan sistem ini diharapkan masyarakat lebih mudah untuk memahami keberadaan asta kosala-kosali.
                  Dengan melihat hal tersebut, perlu dikembangkan sebuah sistem yang berisi mengenai konsepsi dasar asta kosala-kosali yang mudah dipahami dan lebih komunikatif bagi masyarakat. Sehingga diharapkan masyarakat lebih tertarik untuk memahami bagaimana konsepsi asta kosala-kosali dan bagaimana penerapannya dalam pembuatan rumah yang berarsitektur khas Bali.


download lengkapnya disini   


0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Enter your email address to subscribe:

Delivered by FeedBurner

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | SharePoint Demo